Grand Opening Klinik Notokusumo Mengawali Perwujudan Mitra Terpercaya Kesehatan Keluarga

Posted on Posted in Berita

Minggu, 26 November 2017 kemarin, Klinik Notokusumo yang beralamat di jl. Bener, Tegalrejo, Yogyakarta, telah resmi dibuka dengan Grand Opening  untuk melayani pengobatan masyarakat umum. Keberadaan dan berdirinya Klinik Pratama Notokusumo ini telah dinantikan oleh masyarakat seputaran Kelurahan Bener, Tegalrejo. Pasalnya memang pada daerah tersebut masih belum ada fasilitas kesehatan untuk dijadikan rujukan pertama bagi masyarakat sekitar yang mengalami gangguan kesehatan. Apalagi klinik Notokusumo ini pada hari peresmiannya tersebut selain bisa melayani masyarakat umum juga telah bekerjasama dan dapat langsung melayani pasien dengan kepesertaan BPJS Kesehatan.

            Rangkaian acara Grand Opening Klinik Notokusumo ini dimulai sejak pagi pukul  07.00 WIB telah mengundang sekitar 300an warga Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo untuk mengikuti acara Senam Sehat Bersama di halaman Akper Notokusumo. Para peserta Senam mengikuti kegiatan sangat bersemangat. Pihak Klinik Notokusumo dan bekerjasama dengan AKper Notokusumo juga membagikan doorprize menarik bagi para peserta senam diantaranya mesin cuci, sepeda, televisi dan banyak lagi yang lainnya. Dalam kegiatan senam tersebut juga salah satu tenaga dokter Klinik Notokusumo, dr. Emilia Arum Pratiwi, menyampaikan sosialisasi tentang profil dan layanan yang ditawarkan oleh Klinik kepada masyarakat. Klinik Notokusumo akan mengupayakan pelayanan yang unggul, berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat sehingga betul-betul menjadi mitra yang terpercaya untuk kesehatan keluarga bagi masyarakat. Rangkaian acara senam sehat bersama diakhiri pukul 10.00 WIB. Lalu dilanjutkan ceremonial Grand Opening Klinik Notokusumo di halaman Klinik

            Dalam sambutan Penanggung Jawab Klinik Notokusumo, dr. Oga Indrajaya, AAK, menyampaikan bahwa pada rencana awalnya Klinik ini akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan pada tahun 2018, namun ternyata saat ini sudah dipercaya oleh BPJS untuk bekerjasama sehingga saat peresmian sudah dapat melayani peserta BPJS Kesehatan. Beliau juga memaparkan beberapa program-program yang akan dilakukan oleh Klinik Notokusumo diantaranya ; akreditasi pada tahun 2019 dan segera mengembangkan jenis pelayanan sehinga semakin berkembang lebih besar lagi. Saat ini sudah tersedia 3 orang dokter, 3 orang perawat dan 1 orang administrasi yang menjadi tenaga medisnya. Sedangkan pelayanan yang dapat ditawarkan selain pengobatan dasar diantaranya adalah bekerjasama dengan instansi-instansi lain untuk menjadi mitra pemeriksaan kesehatan bagi civitas maupun SDM nya, menawarkan penyedia pelatihan kesehatan, kunjungan pengobatan pada keluarga (homecare), dan lain-lain.

            Pada peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita Klinik Notokusumo oleh Ketua Pengurus Yayasan Notokusumo tersebut dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai instansi, lapisan masyarakat dan organisasi profesi, diantaranya ; RT/RW dan pemerintah Kelurahan Bener Tegalrejo, Kepala Puskesmas Tegalrejo, Pihak Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Ketua DPW PPNI Propinsi DIY dan PPNI Kota Yogyakarta, Jajaran Pengurus Yayasan Notokusumo dan civitas Akademi Keperawatan Notokusumo. Para tamu undangan dipersilakan untuk memasuki ruangan klinik, melihat-lihat fasilitas yang ada didalam klinik dan diberikan kesempatan gratis untuk melakukan pengecekan kadar gula darah dan tekanan darah. Semua sarana dan peralatan klinik sudah dilengkapi sesuai standar penilaian dari Dinas Kesehatan, BPJS dan Badan Lingkungan Hidup (BLH). Ruang tunggu yang nyaman dengan televisi, dispenser minuman dan majalah atau Koran. Ruang konsultasi dan periksa nyaman dengan fasilitas AC, ruang tindakan yang nyaman dan peralatan medis yang cukup lengkap untuk melakukan bedah minor.

            Giri Susilo Adi, S.Kep.,Ns.,M.Kep, direktur Akademi Keperawatan Notokusumo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendirian dan peresmian Klinik Pratama Notokusumo ini merupakan bagian dari cita-cita Akper Notokusumo untuk mengembangkan pelayanan kepada masyarakat, selain dalam bidang pendidikan seperti selama ini, juga dalam bidang pelayanan kesehatan dan keperawatan. Sehingga dalam beberapa bulan terakhir, Akper Notokusumo membentuk Tim Persiapan perijinan Klinik Notokusumo yang berhasil diresmikan saat ini. Tahap-tahap perijinan Klinik Notokusumo adalah dengan mengurus perijinan HO sampai ke kelurahan Bener Tegalrejo, mengurus kerjasama pengelolaan limbah dengan pihak ketiga, mengurus perijinan saluran air limbah ke Badan Lingkungan Hidup (BLH), mengurus rekomendasi dari Puskesmas Tegalrejo dan terakhir mengurus ijin operasional Klinik ke Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Harapannya adalah Klinik Pratama Notokusumo menjadi salah satu pelayanan kesehatan yang unggul dan berkualitas, menjadi rujukan pertama masyarakat sekitar maupun masyarakat pada umumnya.