Kunjungan Mitra Kerjasama Dari Jepang Ke Akper Notokusumo Perkuat Serapan Lulusan Bekerja Ke Luar Negeri

Posted on Posted in Berita

Akper Notokusumo pada hari kamis tanggal 8 Maret 2018 kembali mendapatkan kunjungan dari mitra kerjasama Jepang. Kunjungan tersebut dari para para pimpinan BIMA CONC (Cooperation Overseas Nurses and Careworkers), yang terdiri dari 8 orang yaitu: Ms.Nohno Chieko (Adviser BIMA CONC), Mr.Kuroki Kenji (Advisor BIMA CONC), Ms.Shibata Masayo (Direktur BIMA CONC), Mr.Minaga Takashi (Direktur BIMA CONC), Ms. Igarashi Sayuri (Dosen di BIMA CONC), Ms.Kunugi Hitoko (Dosen di BIMA CONC), Ms.Shirai Sachie (Staf JIAEC/BIMA CONC) dan Ms.Yamamoto Rika (Koordinator Yayasan BIMA). Kunjungan tersebut dirasakan sangat penting dan berharga, mengingat saat ini Akper Notokusumo terus mengupayakan perluasan kerjasama dengan mitra luar negeri, khususnya mitra dari Negara Jepang untuk perluasan serapan lulusan bekerja di sana.Tujuan dari kunjungan pimpinan BIMA CONC tersebut selain dalam rangka untuk mempererat jalinan kerjasama yang selama ini sudah berlangsung, juga dimaksudkan untuk mengetahui tentang proses pendidikan di kampus Akper Notokusumo dan sekaligus untuk memberikan kuliah tamu sebagai bentuk dari aktivitas kerjasama.

Kunjungan  BIMA CONC tersebut tiba di kampus AKPER Notokusumo pada pukul 09.30 WIB dan diterima langsung oleh Bapak Drs. Sedianto Soetio (Ketua Yayasan Notokusumo) dan Bapak Giri Susilo Adi.,S.Kep.,Ns.,M.Kep (Direktur Akper Notokusumo) beserta Para Pembantu Direktur, dosen dan staf kependidikan di Akper Notokusumo. Dalam acara penerimaan tersebut juga dihadiri perwakilan dari Dinas Kesehatan  Propinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara kunjungan tersebut dimulai dengan rangkaian Acara Sambutan Selamat Datang yang diawali dengan sambutan Direktur Akper Notokusumo. Dalam isi sambutannya disampaikan bahwa kedatangan para pimpinan BIMA CONC ke Akper  Notokusumo merupakan hal yang sangat berharga mengingat BIMA CONC merupakan mitra strategis yang sudah lama terjalin hubungan kerjasama dan sudah memberikan sisi manfaat besar bagi kampus Akper Notokusumo, dimana pada saat ini sudah banyak lulusan dari Akper Notokusumo yang sudah bekerja di Jepang. Pada acara sambutan selamat datang tersebut juga disampaikan sambutan dari pihak BIMA CONC yang diwakili oleh Ms.Shibata Masayo yang menyampaikan terimakasih atas proses kerjasama yang sudah terjalin erat dengan Akper Notokusumo selama ini dan juga disampaikan tentang kebijakan-kebijakan terbaru penyerapan tenaga kerja dari Indonesia untuk bekerja ke Jepang. Pada kesempatan acara sambutan selamat datang tersebut juga disampaikan profil kampus Akper Notokusumo dan capaian terbaru yang dimiliki kepada para peserta kunjungan.

Setalah acara sambutan selamat datang selesai, kemudian  dilanjutkan dengan acara tour campus. Pada acara tersebut peserta kunjungan diajak untuk melihat kreativitas mahasiswa dari UKM Bahasa Jepang yang menampilkan berbagai atraksi baik kecapakan berbahasa jepang ataupun kemampuan lainnya kepada para peserta kunjungan. Dalam sesi tersebut disampaikan oleh pimpinan BIMA CONC bahwa hal telah digagas oleh Akper Notokusumo untuk memperkuat pembelajaran bahasa jepang selama proses pendidikan tentunya akan semakin mempermudah lulusan untuk bisa bekerja di Negara Jepang. Oleh karena itu progranm tersebut mendapatkan apresiasi. Pada acara tour campus tersebut, peserta kunjungan juga di ajak melihat fasilitas di Notokusumo Career Center (NCC) yang merupakan pusat karir yang dimiliki oleh Kampus Akper Notokusumo  yang selama ini memberikan pembinaan bagi mahasiswa untuk kesiapan bekerja di Jepang dan juga melihat fasilitas laboratorium keperawatan sebagai tempat melatih berbagai macam keterampilan asuhan keperawatan bagi mahasiswa.

Setelah melihat fasilitas yang ada di kampus Akper Notokusumo dilanjutkan dengan acara Kuliah Tamu yang bertempat di aula Kampus 1 Akper Notokusumo di Jalan Masjid No.5 Pakualaman. Akan tetapi sebelum dilaksanakan acara kuliah tamu, terlebih dahulu disuguhkan pagelaran tari dari mahasiswa Akper Notokusumo  untuk para tamu yang mengangkat salah satu bagian cerita Sendra Tari Ramayana. Penampilan tari tersebut mampu memukau para tamu yang takjub melihat penampilan para penari-penari dan keiandahan khasanah budaya yang disajikan. Selama ini Akper Notokusumo dalam setiap ada kunjungan tamu dari Internasional selalu menyertakan sajian kebudayaan, hal tersebut sesuai dengan visi dari Yayasan Notokusumo yang diharapkan melalui pendekatan kebudayaan dapat memberikan nilai-nilai budi pekerti yang luhur dan menciptakan suasana yang akrab sekaligus mengenalkan salah satu kekayaan budaya yang ada di Yogyakarta.

Pada acara kuliah tamu tersebut diisi oleh Ms. Igarashi Sayuri (Dosen di BIMA CONC) dan Ms.Kunugi Hitoko (Dosen di BIMA CONC) dan dikuti oleh mahasiswa tingkat III Akper Notokusumo. Tema yang diangkat dalam kuliah tamu tersebut adalah “Elderly Care In Japan”. Dalam kuliah tamu tersebut disampaikan oleh para pembicara tentang perawatan lansia yang ada di negara Jepang dan kompetensi apa yang harus dimiliki. Selain itu langsung juga dipraktikkan oleh para pembicara contoh-contoh kasus di dalam memberikan perawatan kepada para lansia. Kuliah tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan memberikan gambaran tentang kompetensi yang harus dimiliki sekiranya mereka berminat bekerja di Jepang. Acara kunjungan mitra BIMA CONC ke Akper Notokusumo ditutup dengan acara ramah tamah bersama Pengurus Yayasan Notokusumo dan Pimpinan Akper Notokusumo. Dalam acara ramah tamah tersebut dikenalkan berbagai kekayaan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Yogyakarta, yaitu kekayaan kuliner.

Dengan adanya kunjungan mitra kerjasama BIMA CONC ke Akper Notokusumo tersebut diharapkan dapat memberikan maanfaat yang besar bagi segenap civitas Akper Notokusumo, khususnya dalam serapan lulusan untuk bekerja ke Jepang dan untuk peningkatan mutu pendidikan yang ada di Kampus Akper Notokusumo.