Pidato ilmiah sebagai puncak acara peringatan dies natalis ke-28 Akper notokusumo yogyakarta Tahun 2018

Posted on Posted in Berita

Akper Notokusumo yang didirikan pada tanggal 3 Februari 1990, merayakan hari jadinya yang ke-28 pada hari Sabtu, 3 Februari 2018 yang lalu. Ditandai dengan Acara Puncak Dies Natalis ke-28 dengan Pidato Ilmiah yang disampaikan oleh Giri Susilo Adi, S.Kep., Ns., M.Kep. dengan judul pidato “Caring Perawat Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan Dan Kepuasan Pasien.” Acara ini diselenggarakan di Balai Utari, Gedung Mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta. Pidato ilmiah tersebut selaras dengan tema Dies Natalis ke-28, yaitu: “Peningkatan Pendidikan Keperawatan yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan dan Berkepribadian Caring”. Dengan pemaparan pidato tersebut diharapkan mahasiswa Akper Notokusumo mampu memahami dan menghayati nilai-nilai caring dalam menjalani profesi sebagai seorang perawat, karena caring merupakan inti atau esensi dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan profesional. Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan terhadap mahasiswa berprestasi kontributif yang mengharumkan nama baik institusi baik di tingkat regional maupun nasional. Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Olahraga dalam rangka perayaan Dies Natalis.

Selain pidato ilmiah sebagai acara puncak, Dies Natalis ke-28 Akper Notokusumo diisi dengan berbagai agenda kegiatan sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Secara kronologi kegiatan dies natalis tersebut meliputi: pengabdian masyarakat, lomba keperawatan, lomba olahraga, lomba kesenian, dan seminar nasional.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis dimulai dengan digelarnya acara pengabdian masyarakat dengan mengambil tema: “Senam Kegel dan Penyuluhan Kanker Payudara dengan Pemeriksaan SADARI”. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Puskesmas Tegalrejo, bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan derajat kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat kaum wanita di sekitar kampus Akper Notokusumo. Diharapkan masyarakat mampu mendeteksi dan mengenali secara dini dan mandiri munculnya gejala penyakit kanker payudara, sehingga bisa diterapi dengan segera.

Lomba keperawatan meliputi: lomba orasi ilmiah antar perguruan tinggi kesehatan dan cerdas cermat keperawatan (CCK) antar kelas. Lomba orasi ilmiah dengan Tema ”Etika Pengembangan Diri Perawat di Era Digital” diikuti mahasiswa keperawatan dari berbagai perguruan tinggi kesehatan di wilayah DIY dan Jawa tengah.

Lomba olahraga antar kelas meliputi cabang olahraga badmintom, futsal dan bola volley. Penyelenggaraan lomba olahraga ini diharapkan bisa menjadi ajang pengembangan minat dan bakat mahasiswa khususnya di bidang olahraga, membangun iklim kompetisi yang positif dan rasa solidaritas di antara sivitas akademika. Sivitas akademika dengan antusias mengikuti lomba olahraga yang dilaksanakan di GOR Phoenix (Phoenix Badminton Center), Kabupaten Futsal dan di Kampus Akper Notokusumo untuk lomba bola volley. Perayaan dies natalis ke-28 juga dimeriahkan dengan lomba kesenian yang terdiri dari dua kategori yaitu lomba karaoke dan lomba dance.