Akademi Keperawatan Notokusumo Siapkan Pembelajaran Akademik Yang Mendukung Alumni Bekerja Ke Jepang

Posted on Posted in Berita

Akademi Keperawatan Notokusumo adalah institusi pendidikan keperawatan swasta pertama yang berdiri di Yogyakarta. Hal tersebut tentunya menunjukkan sudah banyak alumni yang diluluskan dari institusi Akademi Keperawatan Notokusumo. Sebagian dari lulusan Akademi Keperawatan Notokusumo memutuskan untuk bekerja di luar negeri salah satunya adalah di Jepang baik sebagai perawat lansia (Kaigo) atau sebagai perawat.

Jepang adalah salah satu negara maju yang banyak membutuhkan perawat lansia dari luar negeri khususnya ASIA. Indonesia adalah salah satu negara yang diharapkan dapat mengirimkan perawat lansia ke Jepang.Hal tersebut menjadi tantangan untuk Indonesia agar dapat memenuhi tuntutan tersebut.

Akademi Keperawatan Notokusumo dalam menjalankan operasional pembelajaran mengedepankan mutu. Salah satu bentuk dari hal tersebut adalah menyelaraskan mata kuliah yang ditempuh mahasiswa sesuai visi dan misi Akademi Keperawatan Notokusumo. Visi dari institusi Akademi Keperawatan Notokusumo adalah mewujudkan institusi pendidikan tenaga kesehatan yang kompetitif dan menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur 2019. Salah satu misi dari institusi Akademi Keperawatan Notokusumo adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas yang dilandasi nilai-nilai berbudi luhur.

Penyelarasan mata kuliah dengan visi dan misi Akademi Keperawatan Notokusumo yang mengharapkan lulusannya kompeten di lingkup global salah satunya di Jepang adalah di dalam Kurikulum Program Diploma III Keperawatan ditetapkan Mata Kuliah Bahasa Jepang, Bahasa Inggris I, Bahasa Inggris II dan Bahasa Inggris III untuk memperkuat kemampuan bahasa asing. Selain itu juga memperkuat pembelajaran untuk aspek keperawatan yang berkaitan dengan Transcultural Nursing pada Mata Kuliah Antropologi Kesehatan dengan tujuan lulusan dapat mempunyai kompetensi untuk penyesuaian diri berkaitan dengan perawatan pasien sesuai dengan budaya masing-masing tempat, salah satunya di negara Jepang.

Sarana dan prasarana di Akademi Keperawatan Notokusumo mendukung untuk terciptanya lulusan yang kompeten. Hal tersebut ditunjukkan dengan laboratorium keperawatan yang memadai untuk mahasiswa mendapatkan target kompetensinya. Laboratorium keperawatan di Akademi Keperawatan Notokusumo mengikuti perkembangan dalam update ilmu keperawatan.

Penguatan lain yang dilakukan adalah adanya ekstrakulikulier Japanese Club yang merupakan salah satu ekstrakulikuler mahasiswa untuk meningkatkan minat dan bakat mahasiswa. Ekstrakulikuler Japane Club di Akademi Keperawatan Notokusumo terbuka untuk mahasiswa tingkat I, II dan III. Mayoritas mahasiswa yang mengikuti ekstrakulikuler ini adalah mahasiswa yang berminat nantinya ketika lulus bekerja di Jepang. Beberapa agenda yang dilakukan di Japanese Club antara lain belajar tentang budaya Jepang, belajar bahasa Jepang baik dengan tatap muka/ diskusi atau dengan pembelajaran dengan multimedia.

Berdasarkan uraian tersebut menunjukkan bahwa Akademi Keperawatan Notokusumo  konsisten menyiapkan dengan baik pembelajaran akademik yang mendukung alumni bekerja di Jepang.

Alumni go to Japan”

 

                                                Disusun oleh: Septiana Fathonah, S.Kep., Ns., M.Kep