Akper notokusumo perluas kesempatan serapan lulusan Bekerja di jepang

Posted on Posted in Berita

kunjugan jepangAkademi Keperawatan (AKPER) Notokusumo Yogyakarta semakin komitmen memperluas hubungan kerjasama dalam bidang penyerapan lulusan untuk bisa bekerja di luar negeri, khususnya di Jepang. Hal tersebut ditunjukkan dengan memperbanyak hubungan kerjasama dengan beberapa institusi pelayanan kesehatan pengguna lulusan keperawatan. Tujuan perluasan kerjasama tersebut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dari AKPER Notokusumo kepada masyarakat, dalam aspek sebanyak mungkin dapat memberikan dan menyediakan informasi kesempatan kerja kepada mahasiswa melalui jejaring pengguna lulusan yang sudah menjadi mitra kampus.

Baru-baru ini, pada tanggal 5 April 2016 AKPER Notokusumo melakukan penandatanganan kerjasama dengan Social Walfare Tenjinkei Jepang. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung di Kantor Pusat Social Walfare Tenjinkei di Kounoshima, Kasaoka City, Okayama 714-0044 Japan. Pada kesempatan tersebut, penandatangan dari AKPER Notokusumo dilakukan oleh Bapak Giri Susilo Adi, S.Kep,.Ns,.M.Kep selaku Direktur AKPER Notokusumo dan didampingi oleh Ketua Yayasan Notokusumo (Drs. Sedianto Soetio) dan Kepala LPPM (Taukhit, S.Kep.,Ns). Adapun dari pihak Social Walfare Tenjinkei langsung ditandatangani oleh President Tenjinkei (Mr. Toshiharu Okazaki) dengan disaksikan oleh segenap jajaran pimpinanTenjinkei.

Cakupan kerjasama tersebut tidak hanya berfokus pada hal serapan lulusan AKPER Notokusumo saja, akan tetapi juga pada aspek pertukaran informasi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam hal perawatan lansia. Hal tersebut mengingat Social Walfare Tenjinkei Jepang sejauh ini sudah dikenal namanya sebagai institusi besar di Jepang yang menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan bagi lansia. Oleh karena itu dengan adanya kerjasama ini selain dapat meningkatkan jumlah serapan lulusan AKPER Notokusumo untuk bisa bekerja di sana, juga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang asuhan keperawatan geriatri. Pada kesempatan itu pula, rombongan dari AKPER Notokusumo diajak melihat-lihat fasilitas yang berada di Tenjinkei.

Penandatanganan kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan Tenjinkei ke AKPER Notokusumo pada tanggal 3 Desember 2015. Dimana pada saat itu Tenjinkei ingin melihat secara langsung proses pembelajaran mahasiswa yang ada di AKPER Notokusumo, sebagai bentuk kepuasan Tenjinkei terhadap alumni AKPER Notokusumo yang sudah bekerja di sana. Pada saat ini sudah banyak alumni AKPER Notokusumo yang dinilai memiliki prestasi kinerja bagus di sana dengan pendapatan yang lumayan besar.

Dengan adanya kerjasama di atas, semakin melengkapi jejaring AKPER Notokusumo dengan beberapa institusi pengguna lulusan yang sudah dibangun. Berbagai bentuk kerjasama tersebut sebagai bentuk usaha dari AKPER Notokusumo untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi alumni mendapatkan kesempatan seluas-luasnya di dunia kerja. Selain itu menunjukkan bahwa AKPER Notokusumo merupakan kampus dengan jejaring serapan lulusan di Rumah sakit besar di Indonesia dan luar negeri.