Capping Day, Langkah Awal Menjadi Perawat Profesional

Posted on Posted in Berita

caping day 2016Akademi Keperawatan Notokusumo baru-baru ini melakasanakan acara capping day pada tanggal 14 Oktober 2016 di Kampus 1 Jl. Masjid No.5 Pakulaman Yogyakarta. Acara ini merupakan acara seremonial bagi mahasiswa tingkat dua sebelum mereka melaksanakan praktek klinik keperawatan di lahan praktek. Dengan Mengangkat tema “Ucap Janji Sebagai Langkah Awal Menjadi Perawat Profesional Menuju Pelayanan Prima” acara ini diikuti oleh 188 mahasiswa. Prosesi capping day ditandai dengan pemasangan cap perawat untuk mahasiswa perempuan dan pemasangan pin bagi mahasiswa laki-laki. Pemasangan ini dilakukan oleh perawat-perawat senior. Setelah pemasangan cap dan pin selesai semua mahasiswa mengucapkan janji mahasiswa sebelum melakukan praktik klinik di rumah sakit.

Dalam Sambutanya Giri Susilo Adi, S.Kep, Ns., M.Kep. selaku Direktur Akademi Keperawatan Notokusumo menyatakan, melalui acara ini mahasiswa diharapkan dapat menghayati dan menerapkan nilai-nilai profesi keperawatan. Dalam praktiknya terdapat beban moral dan tanggung jawab yang harus dihadapi mahasiswa keperawatan setelah mengenakan seragam putih-putih, dikarenakan setiap mahasiswa dituntut untuk memberikan pelayanan secara nyata kepada pasien dan keluarganya secara profesional. Diharapkan pelayanan yang diberikan oleh mahasiswa mampu menjadi rule model di masyarakat. Diakhir sambutannya Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mahasiswa terjun kelapangan mulai dati etika perawat dan penampilan dalam melayani.

            Dalam acara ini juga diberikan penghargaan bagi tiga besar pemeroleh IPK tertinggi dan penghargaan bagi empat orang anggota teratif mengunjungi perpustakaan. Peringkat pertama diraih oleh Kadek Ayu Krismawati dengan IPK 3,95, disusul oleh Dewi Arum Sari dengan IPK 3,80, dan Ambarwati Kusuma Ningrum dengan IPK 3,80. Adapun mahasiswa yang teraktif memanfaatkan fasilitas perpustakaan adalah Sherli Ardianti, Indriana Herawati, Devi Arum Sari, dan Santesi Nuruda Azzahrah. Dengan perhargaan tersebut diharapkan bisa terus memotivasi mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi akademik serta semakin rajin memanfaatkan fasilitas perpustakaan.