Pelatihan PPGD dan Tanggab Bencana Bagi Tim Tanggab Bencana Akper Notokusumo

Posted on Posted in Berita

Simulasi gawat daruratAkademi keperawatan Notokusumo Yogyakarta, Minggu 18 Desember 2016, malaksanakan kegiatan pelatihan Petolongan Pertama Gawat Darurat (PPDG) dan Tanggab Bencana yang berlokasi di kampus II Akper Notokusumo Jl. Bener, Tegalrejo, Yogyakarta. Kegiatan ini di selagarakan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesehatan Divisi Kegawatdaruratan dan Bencana yang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Yogyakarta (BPBD DIY).

Kegiatan Pelatihan PPGD dan Tanggab Bencana di ikuti oleh 30 Mahasiswa dari tingkat 1 dan 2 yang tergabung dalam Tim Tanggab Bencana Akper Notokusumo, dalam kegiatan ini peserta mendapatan pelatihan mengenai Sistem Manajemen Bencana yang disampaikan oleh BapakDanang Samsurizal, ST(Kasie Kedaruratan BPBD DIY) dan mengenai Materi Dasar Petolongan Pertama Gawat Darurat Sehari-hari yangdisampaikan oleh Bapak Enaryaka,S.Kep.,Ns(Penaganalisis Tehnis Kedaruratan BPBD DIY). Selain itu peserta juga mendapatkan pelatihan mengenai penatalaksanaan Resusitasi Jantung Paru (RJP) menurut AHA tahun 2015 yang disampaikan oleh Bapak Novi S.kep.,Ns.

Selain mendapatkan materi  melalui metode ceramah dan diskusi masing-masing peserta juga diwajibkan melakukan praktik skill dengan harapan agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan pelatiahan  ini dapat benar-benar menguasai materi yang telah disampaikan sehingga siap untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya sebagai Tim Tanggab Bencana Akper Notokusumo.

Kegiatan Pelatihan PPGD dan Tanggap Bencana ini di akhiri dengan Simulasi Bencana Gempa Bumiyang terjadi di Yogyakarta sehingga Tim Tanggab Becana yang sudah terbentuk segera melakukan tindakan Assesment, Evakuasi, Pertolongan Pertama dan Tindakan lajutan kepada seluruh warga kampus yang berada di wilayah kampus II Akpernotokusumo sesuai dengan Prosedur Tanggab Bencana yang telah didapatkan dari pelatihan.

Kegiatan ini berakhir sekitar pukul 17.00 Wib, Sebelum dilakukan penutupan terlebih dahulu dilakukan Evaluasi bersama oleh Bapak Enaryaka,S.Kep.,Ns menegenai hasil dari kegiatan. Kesimpulan yang dapat di ambil dari hasil Evaluasi yaitu seluruh peserta dalam kegiatan ini telah mampu menguasai mengenai Prosedur Manajemen Kebencanaan dan Pelaksaaan PPGD dalam Kondisi sehari-hari hal ini dibuktikan dari kemampuan peserta dalam melakukan penanganan terhadap korban luka dalam simulasi, Selain itu Kegiatan ini juga perlu dilakukan tindak lanjut berupa pengadaan sarana prasarana yang mendukung sekaligus pelatihan lajutan secara rutin yang dapat dilakukan secara mandiri oleh Tim Tanggab Bencana Akper Notokusumu dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan skil yang sudah ada