Wisuda Seperempat Abad Akper Notokusumo

Posted on Posted in Berita

Wisuda Seperempat Abad Akper Notokusumo

Kamis, 14 September 2017 adalah pelaksanaan Wisuda Akper Notokusumo yang ke-25 tahun. Menapaki usia yang mencapai seperempat abad ini Akper Notokusumo tak pernah surut dalam memikul kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat. Semakin tahun jumlah pendaftar mahasiswa semakin meningkat, demikian juga jumlah lulusan yang di wisuda setiap tahunnya. Hal ini diimbangi dengan komitmen institusi dalam meningkatkan jumlah SDM dan mutu para dosen.

Tahun 2017 ini, Akper Notokusumo mewisuda sejumlah 177 orang lulusan, dengan sebaran jenis kelamin wanita sejumlah 142 lulusan dan Laki-laki sejumlah 35 lulusan. Pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,81 % cumlaude. Daerah asal para lulusan dari 13 propinsi, dengan asal mahasiswa terbanyak dari Yogyakarta yaitu 73 %. Hal tersebut menjadi perhatian dari Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA, dalam pidatonya dalam acara Wisuda tersebut. “Dengan banyaknya/mayoritas jumlah mahasiswa/peminat/lulusan dari seputar Yogyakarta justru membuktikan bahwa Akper Notokusumo memang betul-betul bermutu karena masyarakat sekitar yang tentunya sudah memahami betul kondisi dan kualitas Institusinya dengan melihat langsung. Bukan dari para perantauan yang bisa jadi masuk ke perguruan tinggi karena tertipu oleh marketing saja,” demikian tutur beliau dalam pidatonya diujung acara wisuda Akper Notokusumo.

Dalam kesempatan acara wisuda tersebut juga dikemukakan beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh wisudawan selama menempuh pendidikan di Akper Notokusumo, diantaranya Juara I Poster Nursing Festival IND 2017, Juara II Tarung Derajat Putri dalam rangka Pekan Olah Raga BAPOMI DIY 2017 dan Juara III Tarung Derajat Putra dalam rangka Pekan Olah Raga BAPOMI DIY 2017. Kepada mereka juga diberikan penghargaan oleh Akper Notokusumo karena berkontribusi dalam mengharumkan nama institusi. Selain itu prestasi membanggakan lainnya adalah telah diterimanya lulusan oleh User. Sejumlah 21 lulusan diterima bekerja di RS Usada Insani Tangerang, 7 lulusan diterima di Siloam Hospitals dan beberapa lulusan sedang onproses mengikuti seleksi bekerja di Jepang.

Dalam acara wisuda tersebut selain penyerahan ijasah dan beberapa penghargaan bagi para lulusan berprestasi, juga dilakukan prosesi Sumpah Perawat oleh Ketua DPW PPNI Yogyakarta. Hal tersebut sebagai dasar diterbitkannya nomor registrasi perawat yang akan menjadi syarat utama diterbitkannya Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat setelah mengikuti Uji Kompetensi tentunya.
Akhirnya civitas akademi Akper Notokusumo mengucapkan Selamat atas kesuksesan peserta didik telah melengkapi gelar dengan sebutan “Ahli Madya Keperawatan”.