“Capping Day” Wujudkan Tekad Pekerti Luhur Perawat Seutuhnya

Posted on Posted in Berita

Akademi Keperawatan Notokusumo telah melaksanakan acara capping day pada tanggal 26 Oktober 2016 di Kampus 1 Jl. Masjid No.5 Pakulaman Yogyakarta. Acara ini merupakan acara seremonial bagi mahasiswa tingkat dua sebelum mereka melaksanakan praktek klinik keperawatan di lahan praktek. Dengan Mengangkat tema “Wujudkan Tekad Pekerti Luhur Perawat Seutuhnya” acara ini diikuti oleh 194 mahasiswa. Prosesi capping day ditandai dengan pemasangan cap perawat untuk mahasiswa perempuan dan pemasangan pin bagi mahasiswa laki-laki. Pemasangan ini dilakukan oleh perawat-perawat senior. Setelah pemasangan cap dan pin selesai semua mahasiswa mengucapkan janji mahasiswa sebelum melakukan praktik klinik di rumah sakit.

Melalui sambutannya Giri Susilo Adi, S.Kep, Ns., M.Kep. selaku Direktur Akademi Keperawatan Notokusumo menekankan agar seluruh mahasiswa selama praktik mampu menunjukan budi pekerti luhur perawat dengan memberikan pelayanan kesehatan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan golongan.  Selain itu ditekankan pula bahwa setiap mahasiswa untuk tetap menjaga etika dan penampilannya dalam kegiatan praktik.

Dalam acara ini juga diberikan penghargaan bagi empat besar pemeroleh IPK tertinggi dan penghargaan bagi tiga orang anggota teraktif mengunjungi perpustakaan. Peringkat pertama IPK tertinggi diraih oleh Meriana Nevean Wayani dengan IPK 3,85, disusul oleh Bolan Kunthi Wijaya dengan IPK 3,75, Rika Dwi Lestyarum dengan IPK 3,75,   dan Erlina Hidayati Suhardiyoso dengan IPK 3,80. Adapun mahasiswa yang teraktif memanfaatkan fasilitas perpustakaan adalah Sherli Ardianti, Rafika Khairinida, Bela Nofiyani, dan Risa Aulia Ranu. Melalui penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi akademik dan memotivasi untuk rajin memanfaatkan fasilitas perpustakaan.