LPPM

Sejarah LPPM
Suatu perguruan tinggi mempunyai kewajiban menyelenggarakan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang dikenal dengan nama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, seorang dosen diharapkan memiliki kompetensi dalam ketiga bidang tersebut. Selain mengajar, dosen dituntut untuk dapat menyelenggarakan kegiatan penelitian, mulai dari menyusun proposal, melaksanakan penelitian, menuliskan laporan hasil penelitian serta mendiseminasikannya.

Untuk mendukung dosen yang kompeten diketiga bidang tersebut, maka dibetuklah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Akademi Keperawatan Notokusumo  guna memfasilitasi para dosen dalam kegiatan penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Pada awal pembentukan LPPM tersebut ditunjuk sebagai Kepala LPPM yang pertama adalah Taukhit, S.kep.,Ns  (Berdasarkan SK Pengangkatan Ketua LPPM No. 013/SK.07.04/III/2012).

Pengembangan LPPM sebagai salah satu unit di Akper Notokusumo Yogyakarta dimulai sejak Tahun 2008, sebagai pengembangan dari Bagian Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) yang semula masih dibawah komando Pembantu Direktur Bidang Kurikulum dan Akademik.  Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menjadi unit sendiri tersebut diharapkan dapat meningkatkan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di lingkup Akper Notokusumo Yogyakarta, serta  sejalan dengan visi dan misi Akper Notokusumo Yogyakarta.

Secara struktural, posisi LPPM berada di bawah koordinasi Direktur , oleh karena itu dalam melaksanakan tugasnya LPPM melaporkan dan mengkonsultasikan hasil riset dan pengabdian masyarakat Akper Notokusumo kepada Direktur.Tugas LPPM adalah memfasilitasi, mengkoordinasi, dan melakukan kegiatan-kegiatan riset dan pengabdian masyarakat di Akper Notokusumo, melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan-kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat secara terus menerus dan berkelanjuta, serta melakukan kerjasama lintas sektoral dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat.

Visi dan Misi LPPM
1. Visi
Menciptakan  iklim penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat sebagai perwujudan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk memunculkan ilmu pengetahuan baru, memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan penerapan ilmu pengetahuan bagi kepentingan masyarakat.
2. Misi
1.   Mengkoordinasi, memfasilitasi, dan melakukan kegiatan penelitian yang unggul.
2.   Mengkoordinasi, memfasilitasi, dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berdaya guna.
3.   Meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian masyarakat civitas akademik.
4.   Meningkatkan publikasi dan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tugas LPPM
1.    Merencanakan dan mengarahkan penelitian
2.    Meningkatkan mutu penelitian berkelanjutan
3.    Mendorong perolehan HAKI
4.    Mendorong keterlibatan mahasiswa dalam penelitian
5.    Mengembangkan kapasitas pengelolaan penelitian multidisiplin
6.    Menerapkan standar mutu penelitian
7.    Menggalang sumber daya penelitian
8.    Meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat
9.    Menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat.

Bagian Organisasi  LPPM
LPPM Akper Notokusumo Yogyakarta diibagi menjadi dua bagian, yaitu
1. Bagian Penelitian
Bagian Penelitian adalah bagian yang bertanggung jawab mengkoordinasi, memfasilitasi dan melakukan pengembangan kegiatan riset di Akper Notokusumo Yogyakarta.
2. Bagian Pengabdian Masyarakat
Bagian Pengabdian Masyarakat adalah bagian yang bertanggung jawab mengkoordinasi, memfasilitasi dan melakukan pengembangan kegiatan pengabdian masyarakat di Akper Notokusumo Yogyakarta.