SEJARAH


Yayasan Notokusumo didirikan pada tanggal 6 Juni 1979 oleh Kerabat Pakualaman bersama masyarakat.  Nama Yayasan Notokusumo di berikan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Sri Paduka Paku Alam VIII. Pemberian nama “Notokusumo” diambil dari nama seorang  Pangeran yang bernama Pangeran Notokusumo, beliau adalah putra Sri Sultan Hamengku Buwono I, sekaligus pendiri dinasti Pakualaman yang kemudian bergelar Paku Alam I.

Kata Notokusumo  terdiri dari dua suku kata: “Noto” yang artinya  mengatur dan “Kusumo” yang berarti kusuma bangsa, atau dengan  kata lain  Notokusumo berarti  mengatur/mendidik anak bangsa agar menjadi pandega/pemimpin bangsa.

Sesuai dengan Anggaran Dasar, Yayasan Notokusumo mempunyai maksud dan tujuan di bidang Sosial yang bergerak di bidang Pendidikan dan Kebudayaan guna mencerdaskan anak bangsa yang berbudi pekerti luhur.

Hingga saat ini Yayasan Notokusumo telah mendirikan 2 (dua)  lembaga pendidikan tinggi, yaitu:

  1. Akademi Administrasi Negara (AAN), yang didirikan pada tahun 1979, yang pada perkembangannya telah ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) AAN pada tanggal 13 Mei 2002.
  2. Akademi Keperawatan (Akper) Notokusumo, yang didirikan pada tahun 1990.

Akper Notokusumo merupakan institusi pendidikan keperawatan swasta pertama di Yogyakarta untuk program pendidikan Diploma III Keperawatan.

Diawal berdirinya Akper Notokusumo menempati kampus lama,  di Jl. Masjid Pakualaman No. 5 Yogyakarta. Setelah lebih kurang 19 tahun, seiring dengan tuntutan perkembangannya, Yayasan Notokusumo membangun kampus baru untuk Akper Notokusumo di jalan Bener No. 26 Tegalrejo Yogyakarta.